0 %

Tue, 28 Nov 2023
Olahraga Saat Batuk atau Flu: Apa yang Perlu Sobat Combi Ketahui?

Saat mengalami batuk atau flu, pertanyaan umum yang muncul adalah “Apakah boleh berolahraga atau sebaiknya istirahat total?”. Mari kita bahas lebih lanjut.

Berolahraga Saat Batuk Flu?

Sebenarnya, berolahraga ringan saat batuk flu itu diperbolehkan, asalkan gejala yang kamu alami tidak disertai dengan demam. Demam adalah tanda bahwa tubuh kamu sedang berjuang melawan infeksi, dan pada saat seperti itu, istirahat total lebih dianjurkan.¹

Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan

Jika kamu mengalami batuk flu dengan gejala yang menyerang bagian atas leher, seperti hidung berair, mata berair, bersin, dan sakit tenggorokan, kamu dapat melakukan olahraga dengan intensitas ringan. Ada beberapa pilihan olahraga ringan yang dapat kamu lakukan:

-  Yoga

Yoga adalah olahraga yang menekankan fleksibilitas, kekuatan, dan pernapasan. Ini dapat membantu menjaga tubuh tetap aktif dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

- Jalan Kaki atau Jogging

Aktivitas ringan seperti jalan kaki atau jogging dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan energi ekstra saat Anda merasa lemas.

- Qi Gong

Olahraga ini adalah kombinasi yang tenang antara seni bela diri dan meditasi. Cocok jika kamu ingin berolahraga tanpa terlalu banyak bergerak. Qi Gong telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengurangi stres, kecemasan, meningkatkan sirkulasi darah, dan energi.²

Pentingnya Memilih Obat yang Tepat

Selain berolahraga, penting juga untuk memilih obat yang tepat saat mengalami batuk flu. Bagi Sobat Combi yang menderita batuk flu, konsultasikan dengan dokter jika gejalanya tidak kunjung mereda. Dokter dapat memberikan saran tentang obat yang sesuai untuk membantu kamu pulih lebih cepat.

Jangan lupa untuk menjaga hidrasi yang cukup, istirahat yang cukup, dan mengkonsumsi makanan bergizi selama proses pemulihan. Ingatlah bahwa setiap individu berbeda, jadi perhatikan tubuhmu dan lakukan apa yang terasa nyaman dan sesuai, ya!

 

Sumber:

  1. “Bolehkah Berolahraga saat Mengalami Flu?”. Link

  2. “5 Olahraga terbaik dan terburuk saat kena flu”. Link.